Fapet Undana melaksanakan Pelepasan Wisudawan/i Periode Juni 2021 Secara Daring

Kupang,26/06/2021 Fakultas Peternakan Undana Melaksanakan Pelepasan Wisudawan/I Fapet secara daring dengan sambutan Dekan Fapet Undana :

Assalamualaikum Warohmatulahi Wabarokatuh

Salam Sejahtera,

Om swasti astu om,

Namo Budaye,

Salam Kebajikan,

Salfe

Shalom

Ysh. Sekretaris dan anggota Senat Fapet Undana

Ysh. Para Wadek, Kepro dan Sekpro, serta pada kepala laboratorium

Ysh. Para dosen dan tenaga kependidikan Fapet Undana

Ysh. Pengurus Ormawa Fapet Undana

Ysh. Bpk Ibu orang tua wisudawan/wati yang berbahagia

Ysh dan saya banggakan wisudawan/wati semuanya

Ysh bapak ibu hadirin sekalian


Suatu berkat Tuhan YME yang patut kita syukuri pada hari ini, kita bertemu walau hanya secara daring dan beberapa yang secara luring/online di Aula Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana untuk mengikuti prosesi pelepasan wisudawan/wati; dalam keadaaan yang sehat dan dalam suasana optimis menyambut suatu masa depan yang gemilang untuk kita bersama.

Bapak Ibu Sdr wisudawan/wati yang berbahagia,


Wisuda bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar, namun sebaliknya, ilmu yang sudah anda dapatkan di kampus ini akan dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin komplek ke depan. Karena belajar itu adalah sebuah peristiwa mental atau sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon tapi lebih dari itu, bahwa belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan kehalusan budi untuk diniatkan membantu sesama.Satu paket curriculum sudah anda selesaikan, artinya anda telah menyelesaikan sebuah perhelatan lari di sebuah lintasan, dan hari ini adalah ujung atau garis finish dari lintasan itu. Karena curriculum dari bahasa Yunani adalah curee atau courir. Di Indonesia kata tersebut menjadi kurir yang kalau orang kita menterjemahkan adalah orang yang mengantar surat, tapi makna kurir yang sesungguhnya adalah berlari, yaitu berlari melintasi setiap tahapan kebisaan atau kompetensi.

Dan hari ini lengkap sudah kompetensi anda sebagai seorang Sarjana. Namun sekali lagi, kurir anda tidak boleh terhenti, karena anda harus melangkapi kebisaan anda sampai akhir hayat nanti sehingga anda mempunyai Curriculum Vitae yang indah, yang tatkala tiada nanti seperti gajah yang meninggalkan gading, seperti macan yang meninggalkan belang. Dan kita tiada nanti meninggalkan nama baik yang tertulis dalam Curriculum Vitae.


Dan dalam berlari menempuh lintasan curriculum ini, ada banyak halangan apapun buat kita semua meski dengan keterbatasan kondisi tubuh kita, kita musti semangat untuk menyelesaikan amanah belajar ini.Untuk itu, saya pribadi dan pimpinan fakultas memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada sdr/I wisudawan/wati yang telah menyelesaikan studinya di Fakultas peternakan Undana.

Para Wisudawan / wisudawati yang kami cintai dan kami banggakan

            saya selaku dekan dan segenap civitas akademika seluruh keluarga besar Fapet Undana mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studi pembelajaran ,  kami ucapkan selamat juga kepada Bapak Ibu orangtua atau wali wisudawan wisudawati yang telah mengantar putrinya dengan jerih payah dan oenuh perjuangannya sampai ke jenjang pendidikannya sarjana hingga wisuda. Kami berharap agar setelah selesai wisuda ini para wisudawan wisudawati senantiasa menggunakan kemampuan yang dimiliki. Kunci sukses adalah bukan semata karena saudara kuliah di tempat favorit, bukan pula karena saudara lulusan cumlaude atau terbaik, akan tetapi juga saudara memiliki life skil, kejujuran, kepercayaan, dan karakter yang kuat sebagai generasi millineal berkarakter diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan akses pekerjaan baru yang ti9dak dikenal sebelumnya dengan berbagai teknologi digital. Kami berharap seluruh wisudawan wisudawati dimanapun nanti saudara berada hendaknya selalu menjunjung tinggi nama baik almamater dengan penuh integritas, berkomitmen, serta dapat memberikan feedback yang positif kepada almamater guna perbaikan proses pembelajaran dimasa yang akan datang. Setiap pelepasan wisuda selalu tema kita adalah Jadilah agen perubahan, kami berharap wusudawan/wati penjadi agen yang baik untuk masyarakat terutama di bidang peternakan

Hadirin yang saya hormati, terutama para wisudawan dan wisudawati,


Fapet Undana berdiri sejak tahun 1963 dan memulai PBM pada tahun 1964 dan saat ini menyelenggarakan pendidikan program sarjana di Prodi Peternakan dan sejak tahun 2017 menjadi satu-satunya Prodi di Undana atau mungkin NTT yang terakreditasi A. Artinya, anda tidak perlu minder, inferier dan berkecil hati ketika nanti bersaing dan berkompetisi dalam menempuh karir di dunia kerja. Kalian semua se-level, sepadan dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia. Apalagi di kampus ini, anda dibekali dengan kearifan lokal berupa : kemauan untuk bekerja keras dan kemampuan bekerjasama yang baik. Sehingga dengan bekal tersebut, anda akan mampu berkiprah dan bersama-sama membesarkan nama Fapet Undana. Jangan ragu menerobos berkompetisi masuk ke dalam institusi bergengsi dunia, disanalah tempat kalian berkarir.

Bapak, Ibu dan hadirin yang berbahagia,


Hari ini melalui acara prosesi pelepasan ini, almamater anda atau Ibu pengasuh atau lebih tepatnya makna almamater adalah Ibu yang memberi Ilmu, akan melepas dan menyerahkan kembali kepada orang tua kandung kalian : “Bapak Ibu….saya haturkan kembali putra putri terbaik Bpk Ibu dalam keadaan beriman, sehat, cerdas berilmu dan siap meneruskan cita-cita perjuangan Bpk Ibu sekalian…” Saya berpesan kepada kalian semua, jika kalian nanti sudah mengarungi dan sukses menempuh cita-cita dan kalian kangen dengan Ibu mu yang memberi pengetahuan ini, maka pulanglah…pulanglah ke pangkuan almamatermu, pintu kami buka selelebar-lebarnya, untuk kalian nanti bernostalgi dengan kampus coklat Fapet dengan semboyan Uberalles, atau bersama menikmati kembali musim gugur daun dan bunga gamal serta keringnya Udara kampus di bulan oktober, atau mungkin makan siang bersama di kantin fakultas. Suasana dan pohon gamal serta makan siang di kampus ini adalah memori kolektif untuk kalian tidak melupakan almamater tercinta :Fapet Undana. Jagalah nama baiknya, dengan bekerja dan berkarya sepenuh hati. Kebesaran nama dan prestasi kalian kelak adalah kebesaran almamater kita bersama.


Bapak Ibu orang tua /Wali wisudawan yang Kami hormati,      

            Dengan telah diwisudanya putra putri Bpk/Ibu sekalian nanti hari Senin 28 juni 2021, maka secara resmi kami mengembalikan tanggungjawab pendidikan kepada Bapak/Ibu sekalian, tak lupa kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas kepercayaan yang diberikan kepada Fapet Undana. Kemudian kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Ibu sekalian para tamu undangan dan mahasiswa atas kesediannya hadir dan menyaksikan prosesi pelepasan ini secara langsung atau daring. Ucapan terimakasih pula kepada seluruh staaff akademik fapet Undana  atas kerjasaman ya yang baik dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa hingga mereka dapat menyelesaikan studinya dan dapat di lepas hari ini. Jangan lupa pula kita selalu mendukung pemerintah untuk melaksanakan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak (phisical distancing).Dan hindari kerumunan orang. Kalau kita secara bersama sama mematuhinya maka kita akan terhindar dan terentaskan dari pandemi Covid 19 ini. Sehingga kita dapat berkehidupan lebih baik lagi yaitu sehat jasmani rohani sejahtera aman dan damai.Semoga Tuhan YMK senantiasa melindungi dan memberkati kita semua. Amin

Akirnya bapak/Ibu seklian kami mohon maaf yang sebesar besarnya apabila dalam pelaksanaan pelepasan wisudawan/wati ini terdapat kekurangan yang dapat menyebabkan tidak berkenan di hati bapak ibu hadirin sekalian.

Sebelum saya akhiri, izinkan saya membacakan beberapa bait pantun:

Pergi ke Fapet Undana mencari Ilmu

Ditempa menjadi insan berguna

Jaga kesehatan dan pergunakan Ilmu

Untuk mencegah penyebaran Corona

Mahasiswa tampan dan mahasiswi cantik

Telah lulus dari kampus Fapet Undana

Virus Corona telah menyerang bumi

Semoga Tuhan YMK  melindungi Alumni Fapet Undana.

Shalom

Dekan,

Dr. Ir. Arnold E. Manu, MP